Apa itu V60?

0
84

V60 adalah salah satu cara penyeduhan kopi secara manual dengan menuangkan air ke bubuk kopi yang sudah digiling dengan metode pour over. V60 juga memiliki bentuk yang unik, yaitu menggunakan gelas corong berbentuk V yang memiliki guratan di dalamnya dan juga memakai kertas yang biasa disebut paper filter.   

Bukan hanya dua alat itu saja, dalam membuat manual brew V60 ini kita harus menyiapkan beberapa alat yang akan digunakan, yaitu V60, coffee server, paper filter, kettle, scale, dan tentu saja bubuk kopi yang kamu pilih. Semua alat tersebut wajib ada ketika ingin menyeduh V60.

Scale atau timbangan berguna untuk melihat berat air dari air yang telah menyentuh bubuk kopi untuk proses ekstraksi. Cara menuangkan air dari kettle juga tidak sembarangan, kita harus menghitung rasio antara bubuk kopi dengan air yang akan digunakan. Rasio itu sendiri sangat beragam dan sesuai dari selera masing-masing. Sebagai contoh, jika ingin menggunakan rasio 1:18, berarti jika kita menggunakan bubuk kopi seberat 15 gram, rasionya adalah 15:18. Cara menghitungnya yaitu 15 gram bubuk kopi dikali 18 gram air sehingga hasilnya adalah 270. Nah, 270 ini adalah air yang akan dituangkan dan dihasilkan ke bubuk kopi tersebut.

Bukan hanya rasio saja yang harus diperhatikan, cara menuangkan airnya pun tidak sembarang. Air yang dituangkan harus sesuai dengan waktu yang dipakai. Waktu menyeduh V60 tidak boleh lebih dari 3 menit, jadi maksimalkan tuangan air dengan waktu yang dipakai, dan maksimalkan berapa kali tuangan air yang akan dipakai. Tuangan pertama untuk blooming, yaitu proses mengeluarkan karbondioksida dari biji kopi. Tuangan kedua untuk mendapat keasaman. Tuangan ketiga untuk mendapatkan manis atau bodi. Tuangan keempat untuk mendapatkan rasa pahit dari kopi tersebut.

Dari penjelasan tentang V60 di atas, pasti banyak yang tidak mengerti dan mengaggap ini sulit. Tetapi cara penyeduhan inilah yang banyak dan sangat disukai oleh mereka yang ingin menyicipi kopi dengan cita rasa yang orisinil, unik, dan khas. Dan di mata para barista, manual brew V60 ini juga menjadi favorit mereka karena dengan V60 ini mereka dapat mengekspresikan diri dan cintanya terhadap kopi. Di sini juga mereka merasa tertantang untuk mengulik lebih dalam dan mencoba berkali-kali sehingga menghasilkan kopi yang nikmat. Terlebih banyak pemilik dari kedai kopi yang menantang para baristanya untuk menghasilkan seduhan kopi manual ini dengan mengeluarkan cita rasa yang sempurna. Dengan memiliki rasa asam, manis, dan pahit yang pas dari kopi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here