Pertanyaan lain kerap muncul saat di Warkop, misal soal menyeduh kopi seperti apa dan caranya bagaimana. Nah untuk yang satu ini Warkop WAW punya kebijakan Rahasianya tidak ada Rahasia. Kok Bisa? ya, di Warkop WAW kami mensharingkan teknis seduh dengan hanya membayar secangkir kopi yang diseduhkan saja.

Teknisnya apa saja yang pengunjung ingin tahu kami berikan sepanjang kami paham dan mengerti sebaliknya jika pengunjung lebih tahu wajib hukumnya untuk sharing ke kami, hehehhehe. Inilah yang terjadi di Warkop WAW sharing sesion tentang teknik seduh jadi berkembang sedemikian rupa.

Gayeng, kalo begini teknis seduh bisa sangat asik dan mengasikkan. Lalu bicara kopi lebih menarik lagi karena melibatkan banyak pihak. Tak ada kata kata lebih baik atau paling baik. Buat kami kopi akan menemukan penikmatnya sendiri.

Ini juga menegaskan jika pengunjung yang datang ke Warkop WAW untuk kedua kalinya biasanya mereka langsung ke bar dan menyeduh sendiri. Lalu jika masih belum paham akan didampingi barista kami. Rasa yang dihasilkan akan diamini sendiri oleh pengunjung. Kami tidak bisa menjudge apa yang mereka hasilkan kurang pas, tapi apakah itu cocok untuk mereka itu yang akan diarahkan sehingga mendapatkan taste yang dikehendaki.

Kami sadar taste itu bisa saja akan bertahan bisa juga akan berubah. Kami akan meletakkan dasar dasar teknik seduhnya lalu pengunjung akan mengembangkannya lebih jauh. jujur kadang kami mendapatkan ilmu baru dari pengunjung. Senang karena perbendaharaan teknik seduh kami bertambah.

Kami ingat saat dibangku kuliah dulu saat salah satu guru saya dibidang hukum Profesor Sudikno Mertokusumo mengajarkan¬† tentang dasar dari ilmu hukum dan itu terlihat sederhana. Ada kata kata beliau yang saya jujur baru mengerti sekarang ini, “Pahami dasarnya, baru berkembang,” ujarnya.

Nah di Kopi ini kami selalu berusaha belajar hal yang paling mendasar. Selalu menggali hal-hal tersebut. Karena itu menjadi asik dan menyenangkan. Dari hanya beberapa teknik seduh sekarang berkembang jadi banyak sekali. Kopi akhirnya selalu menyenangkan karena Enak dan Bermanfaat.