Pengurus Organisasi Tidak Kredibel, Tegas Tolak Tawaran Bergabung

0
9

“Terima kasih banyak Pak Aqua karena telah memberikan masukan terbaik kepada saya. Setelah menyimak seluruh saran dan pertimbangan yang bapak sampaikan maka saya dengan tegas menolak untuk bergabung dengan organisasi yang menawari saya jadi pengurus. Saya sangat mantap dengan keputusan tersebut dan merasa plong sekali setelah menyampaikan yang ada di hati saya,” ungkap seorang teman setelah mengambil keputusan tegas tersebut.

Sebelumnya teman itu menyampaikan kepada saya mendapatkan tawaran salah satu jabatan pada organisasi yang sedang menyusun pengurus tersebut. Amanah yang diberikan kepadanya cukup strategis.

Saya yakin teman itu yang telah merasakan ‘asam garam’ di banyak organisasi sangat mampu melaksanakan semua amanah yang akan diberikan kepadanya. Masalahnya setelah melihat susunan pengurus inti, kawan tersebut khawatir lebih banyak mudharatnya daripada manfaat buat dirinya.

Apalagi selama ini namanya cukup harum. Setiap amanah yang diberikan kepadanya selalu sukses sehingga secara bertubi-tubi mendapatkan kepercayaan yang lainnya dari banyak pihak.

Setelah melihat rencana susunan pengurus organisasi tersebut, teman itu menilai ada beberapa orang yang tidak kredibel. Rekam jejaknya kurang bagus.

Dia khawatir kena imbasnya. Apalagi selama ini citra dan reputasinya bagus. Karyanya diakui di mana-mana dan keberadaannya selalu diterima lingkungan.

Pakai Hati Nurani
Kepada teman itu saya sampaikan agar memutuskan sesuatu dengan menggunakan hati nurani. Lebih dulu mempertimbangkan untung  ruginya baik buat dirinya, pengurus yang lain, maupun semua anggota.

Jika tidak yakin kehadirannya dapat membuat organisasinya lebih maju, sebaiknya tidak usah bergabung. Jangan sekali-kali melakukan hal yang sia-sia dan mubazir.

Ingat sebaik-baiknya manusia adalah yang  bermanfaat buat sesama. Untuk melakukan itu tidak harus bergabung di organisasi, bisa melakukannya sendiri.

Berkarya dan mengabdi bisa dilakukan di mana saja. Tidak harus jadi pengurus organisasi. Saya sudah membuktikan hal itu.

Di sisi lain penghargaan yang diterima tidak selalu karena jadi pengurus organisasi. Tanpa embel-embel jabatan di organisasi tetap dihargai banyak orang asal berintegritas, amanah, dan profesional.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah orang yang akan bekerja sama di organisasi tersebut. Syarat mutlak yang tidak tertulis, mitranya sesama pengurus mesti berintegritas. Rekam jejaknya harus bagus dan jelas.

Melaksanakan 3K
Di samping itu perlu dilihat apakah mereka selama ini sudah melaksanakan 3K. Hal itu sangat penting dimiliki setiap pengurus di organisasi.

K yang pertama orangnya memiliki Kredibilitas yang tinggi. Dapat dipercaya. Hal ini penting karena terkait erat dengan kemajuan organisasi.

K yang kedua melaksanakan Komitmen atau janji. Bagaimana rekam jejaknya selama ini. Jika berjanji apakah selalu ditepati. Atau banyak alasan untuk tidak memenuhinya alias ngeles.

K yang ketiga adalah Konsisten. Masih sering ditemukan pengurus organisasi yang tidak konsisten karena berbagai alasan yang tidak mendasar. Muncul ketakutan-ketakutan yang tidak beralasan. Akhirnya menghalalkan semua cara untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya.

Sebelum mengambil keputusan jadi bergabung atau tidak di organisasi yang menawarinya jabatan, sebaiknya lebih dulu memikirkannya secara mendalam. Melihat plus minus terutama buat dirinya.

“Setelah diskusi dengan Pak Aqua dan melaksanakan semua saran bapak, saya sudah mantap untuk tidak bergabung di organisasi itu. Lebih baik waktu yang ada saya gunakan buat berbagai kegiatan yang produktif dan bermanfaat untuk orang banyak,” pungkasnya.

Semoga teman itu terus belajar dari pengalaman. Lebih hati-hati sebelum menerima tawaran agar tidak merugikan dirinya yang selama ini dinilai sudah baik oleh berbagai kalangan. Aamiin ya robbal aalamiin…

Dari Bogor saya ucapkan selamat menjaga integritas dan kredibilitas agar selalu diterima lingkungan. Salam hormat buat keluarga. 21.15 26042021😃<<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here